Back to Home

SpineCor, Scoliosis Brace

Pelayanan klinik terapi chiropractic di Jakarta, Indonesia.

Setelah seseorang didiagnosa mempunyai scoliosis yaitu kondisi susunan tulang belakang yang tidak lurus dapat berbentuk C atau S, timbullah pertanyaan apa pengobatan yang terbaik? Apakah bisa lurus kembali? Perlukah memakai scoliosis brace? Apakah sakit di sekitar tulang punggung atau pinggang dikarenakan tulang belakang yang tidak lurus tersebut?

Terdapat perbedaan penanganan scoliosis pada orang dewasa dan anak anak. Pada  anak anak pertumbuhan tulang dapat memungkinkan berkurangnya derajat kurva scoliosis-nya  bila dilakukan terapi yang tepat dan sedini mungkin sehingga mengurangi resiko terganggunya tumbuh kembang seorang anak

Sedangkan pada scoliosis di usia dewasa penanganan lebih difokuskan untuk mencegah penuaan dini tulang belakang yang dikenal dengan degenerative joint disease (DJD) dimana pada scoliosis kecenderungan terjadinya DJD ini mempunyai persentase yang lebih besar. Selain itu penanganan scoliosis dewasa untuk mengatasi  sakit.

Penanganan scoliosis saat ini dapat berupa konservatif atau operasi. Secara konservatif yaitu dengan cara memaksimalkan pergerakan sendi tulang belakang, salah satunya dengan metode chiropractic (mengerakan sendi yang tidak bergerak) selain itu dibanu oleh exercise dan pengunaan brace.

Brace scoliosis mempunyai peran penting pada scoliosis anak dan dewasa. Saat ini terdapat “Flexible Corrective Brace” yang dinamakan “SpineCor”. Pada tahun  1992, pemerintah Kanada mengadakan penelitian mengenai scoliosis, salah satunya adalah SpineCor. Prof.Charles H Rivard MD dan Dr. Christine Coillard MD di Ste-Justine Hospital Montreal, Kanada menemukan SpineCor ini sebagai suatu terapi yang baru untuk idiopathic scoliosis pada tahun 1998.

SpineCor sebagai flexible scoliosis brace untuk orang dewasa baru dimulai tahun 2005 yang dikembangkan dari SpineCor Braces untuk scoliosis pada anak. SpineCor Braces terdiri dari balero, short dan corrective bands yang mudah dipasang dan dilepaskan oleh dewasa maupun anak anak. Prinsip pada SpineCor Brace ini adalah “Corrective Movement” yang dapat dipakai sebagai terapi sepanjang hari.

Brace yang kaku dan panas… Tidak lagi

 

 

Dr. Tinah Tan, FICC
B.Med B.AppSc B.Chiro.Sc
Registered Chiropractor
SpineCor Provider

Bagaimana SpineCor Bekerja

SpineCor® Dynamic Corrective Brace adalah yang pertama dan satu – satunya yang mempunyai brace yang dinamis dan lembut untuk penderita skoliosis idiopatik. Citylife Chiropractic menyediakan SpineCor® Dynamic Corrective Brace untuk anak-anak dan remaja. SpineCor® juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, mengoreksi atau menstabilkan postur tubuh, mencegah atau memperlambat perkembangan skoliosis.

SpineCor® adalah penemuan baru dan inovatif untuk perawatan tulang belakang bagi anak-anak dan dewasa untuk merawat kelainan tulang belakang, menstabilkan, mengoreksi, meringankan rasa sakit, memperbaiki bentuk postur tubuh, dan meminimalkan agar skoliosis tidak berkembang menjadi lebih buruk, dengan memberikan pemulihan postur tubuh dan membetulkan posisi tulang belakang.

Dibalut pada tubuh pasien sesuai kondisi masing-masing tipe skoliosis-nya. Pemasangan brace berdasarkan dari penilaian X-ray dan sistem komputer yang maju. Untuk mengoptimalkan efek brace, pasien dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik, melakukan jenis olahraga apapun MENGGUNAKAN brace (kecuali untuk berenang).

Lamanya program perawatan akan tergantung pada tingkat keparahan dari derajat kurva, usia pasien saat awal pengobatan dan perkembangannya, tetapi selalu minimal 18 bulan. Berdasarkan pada “Corrective Movement Principal”. Perawatan ini memberikan manfaat untuk menjaga kontrol neuromuskular dari gerakan korektif tulang belakang melalui bio-umpan balik secara aktif.

Benefit SpineCor

  • Gerakan: Pengobatan SpineCor® memungkinkan dan menyarankan untuk aktivitas normal, olahraga, tari, berkuda, dll.
  • Estetika : Mudah dikenakan di bawah pakaian biasa secara leluasa dan tidak terlihat dari tampak luar.
  • Nyaman: Perasaan dingin pada saat dipakai sehingga meminimalkan iritasi. 4 jam waktu istirahat untuk melepas brace dari perawatan sehari-hari.
  • Tingkat Kesuksesan: 89% efektif, secara klinis terbukti pada 400 pasien dalam kurun waktu 10 tahun penelitian. SpineCor® brace adalah pengobatan dan perawatan tanpa efek samping.
  • Pengeluaran: Sebuah pilihan pengobatan dengan biaya yang terjangkau.

Brace ini sangat nyaman dan cukup fleksibel untuk dipakai di dalam melakukan aktivitas olahraga sehari-hari. Menggunakan brace saat beraktivitas fisik dapat mempercepat proses kerja brace. Yang terbaik dari brace dinamis ini adalah mampu melindungi gerakan tubuh dan pertumbuhan tubuh yang normal.

SpineCor untuk Anda

Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi:

Miss. Cindy Rahmawati
cindy@citylifechiropractic.com
Telp: 021-7114 2777 atau 021-7114377

Samuel Pranoto, B.Chiro
Reg. Chiropractor & SpineCor Consultant
drsamuel@citylifechiropractic.com

Keunikan SpineCor

  • Memperbaiki postur tubuh
  • Mengurangi penekanan atau sakit pada bagian tertentu dari tulang belakang
  • Membuat lebih simetris beban pada tulang, sendi, ligament, otot dan sara
  • Mengurangi proses penuaan pada tulang belakang (DJD/Degenerative Joint Disease)
  • Membuat remodeling spine yang terjadi pada proses pertumbuhan di usia anak ana