Tubuh kita tidak pernah beristirahat bahkan saat tidur. Malam hari merupakan saat bagi tubuh untuk melakukan regenerasi dan waktu untuk tubuh meremajakan kembali fungsinya sehingga di keesokan harinya kita bangun dengan kondisi sehat dan segar kembali. Namun hal itu tidak selalu terjadi secara otomatis. Posisi Tidur yang Baik untuk Leher dan Pinggang sangat mempengaruhi reaksi tubuh kita. Ketika muncul keluhan sakit pada leher ataupun pinggang maka tubuh kita membutuhkan bantuan untuk mengembalikan fungsinya.

Posisi tidur yang kita pilih mempunyai efek langsung terhadap kesehatan tulang belakang. Beberapa dari kita akan bangun dengan kondisi nyeri leher ataupun pinggang dan seringkali disebabkan oleh posisi tidur yang tidak tepat. Apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya? Pada prinsipnya kita harus memastikan posisi tulang belakang tetap netral saat beristirahat. Posisi netral maknanya adalah lurus dari leher hingga panggul, tidak memutar panggul.

Nyeri pada bagian leher juga dapat disebabkan cedera leher yang pernah terjadi sebelumnya. Nyeri leher dapat berasal dari gangguan jaringan lunak (otot, tendon dan ligament) di leher ataupun daerah sekitar tulang belakang bagian leher (cervical). Keluhan otot kaku biasanya disebabkan oleh masalah seperti saraf terjepit, radang sendi dan penyakit degenerasi yang dapat dicetuskan oleh trauma yang terjadi berulang.

Penjelasan bagian tulang belakang

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari cedera pada leher.

  1. Mencoba bantal baru merupakan satu cara untuk mencari kenyamanan dan dukungan yang tepat untuk leher saat tidur. Terkadang kita harus mencoba (“trial and error”) untuk mendapatkan bantal yang sesuai untuk menjaga leher dalam posisi netral (posisi kurva leher normal yang tertopang).
  2. Ada beberapa pilihan posisi tidur yang dapat membuat nyaman dan hal tersebut tergantung dari penyebab problem leher dan posisi favorit saat tidur. Beberapa orang merasa nyaman dengan tidur pada posisi terlentang dan menggunakan bantal ortopedi yang lebih rendah pada bagian bawah leher. Orang lain memilih posisi tidur miring, bahkan ada yang memilih untuk tidur di kursi yang dapat diposisikan setengah tidur ataupun kasur yang dapat diposisikan menjadi setengah duduk. Bantal yang sesuai dengan posisi tidur juga diperlukan untuk menopang leher.

Secara umum posisi tidur terbaik adalah tidur dengan posisi terlentang sehingga seluruh tulang belakang dapat beristirahat dengan baik. Bila anda memilih untuk tidur pada posisi miring, maka pastikan bantalnya tidak terlalu tinggi. Posisi leher dan bahu sebaiknya tetap netral. Beberapa posisi tidur dapat membantu untuk mengurangi nyeri leher dan pinggang. Penting untuk mengetahui penyebab dari sakit yang dirasakan, seperti degenerasi tulang dan persendian, osteoarthritis (radang sendi), saraf terjepit, sciatica, nyeri otot (myofascial pain syndrome).

Bila anda menyukai posisi terlentang saat tidur, anda dapat menambahkan bantal kecil dibawah lutut atau dibawah pinggang, sehingga seluruh lekuk tubuh akan tersupport dan tubuh dapat beristirahat. Bila anda mengalami sakit pinggang maka posisi yang terbaik adalah tidur terlentang dengan lutut sedikit ditekuk. Tambahkan penopang dibawah lutut dan pinggang untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Tidur Posisi Terlentang

Posisi Tidur Terlentang

Bila anda suka tidur dengan posisi miring, maka tambahkan bantal diantara kedua lutut dan di bawah pinggang. Posisi ini dapat dilakukan untuk mengurangi sakit pinggang. Jangan memposisikan lengan diatas ataupun di bawah kepala.

Tidur Posisi Miring

Posisi Tidur Miring

Pada kondisi nyeri leher posisi tidur yang terbaik adalah terlentang karena dapat memposisikan tulang belakang dalam posisi netral. Leher dan kepala perlu ditopang oleh bantal, begitu pula area dibawah pinggang.

 Hindari posisi tengkurap karena akan meningkatkan nyeri leher dan pinggang.

Tidur Posisi Tengkurap

Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur yang terbaik adalah terlentang. Posisi ini mendistribusikan seluruh beban tubuh dengan merata dan menghindari terbentuknya lekukan tulang belakang yang tidak baik. Gunakan bantal dibawah leher dan kepala untuk memposisikan kepala di posisi netral diatas matras.