Cara membawa koper yang benar

Liburan Natal dan Tahun Baru segera tiba. Melakukan perjalanan wisata merupakan salah satu kegiatan  yang umumnya dipilih untuk mengisi waktu liburan. Tetapi, sakit di saat sedang berlibur tentu sangat menyebalkan. Agar dapat menikmati liburan sepenuhnya dan tetap painfree saat berlibur, Anda harus menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Berikut ini adalah beberapa tips efektif untuk menjaga kesehatan tulang belakang anda agar anda tetap fit saat berlibur ataupun setelah pulang dari liburan.

1. Istirahat cukup

Melakukan perjalanan wisata dapat membuat seseorang merasa lelah. Untuk tetap dapat menikmati liburan dan mencapai painfree saat berlibur maka dengan beristirahat yang cukup, setiap aktivitas yang Anda lakukan dapat berjalan lancar. Aturlah agenda liburan anda dan tidur selama 7-8 jam setiap malam akan memulihkan Anda dari rasa lelah dan tubuh pun siap untuk menikmati aktivitas keesokan harinya.

2. Menjaga pola makan

Terlalu menikmati kegiatan saat berwisata dapat membuat seseorang lupa untuk makan dan painfree saat berlibur tidak akan tercapai. Menikmati makan yang berlebihan (kuliner) juga dapat mengganggu kesehatan lambung dan usus. Hati-hati, kondisi ini dapat memicu timbulnya suatu penyakit misalnya maag atau diare. Pastikan Anda mengonsumsi makanan sesuai dengan jadwal yang biasanya dilakukan. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan membawa bekal makanan sendiri(Bila memungkinkan) atau camilan bila anda terjebak macet dan sudah waktunya untuk makan.

3. Konsumsi air yang cukup

Berkeliling ke tempat-tempat wisata bersama orang terkasih dapat membuat anda lupa untuk minum. Otot anda akan cepat menjadi kaku dan lelah bila kekurangan cairan. Untuk Mengatasinya anda cukup membawa botol minum saat berwisata untuk berjaga jaga apabila anda berada jauh dari area penjual minuman. Hal ini juga akan menghindarkan tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi dan tetap painfree saat berlibur.

4. Menggunakan pakaian yang sesuai

Agar tidak terserang penyakit dan tubuh tetap nyaman, gunakan pakaian yang sesuai dengan suhu di tempat wisata tujuan. Cuaca dingin akan membuat otot cepat kaku. Jadi, bila tempat yang akan dikunjungi sedang musim dingin, siapkan pakaian tebal yang membuat tubuh merasa hangat, wool bisa menjadi pilihan. Begitu juga sebaliknya di daerah tropis, pilihlan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik atau pakaian dengan material yang ringan dan tipis seperti bahan katun.

5. Lakukan peregangan secara rutin

Lamanya waktu berkendara baik di mobil, pesawat, maupun di kereta api akan membuat tubuh terasa kaku dan pegal. Langkah penting untuk mendapatkan painfree saat berlibur segera lakukan peregangan rutin tiap 1 jam di dalam kendaraan, seperti meregangkan otot leher, punggung, dan kaki dalam posisi duduk, akan membantu Anda terhindar dari rasa sakit.

Peregangan kaki Setelah Penerbangan Panjang
Peregangan Leher Setelah Penerbangan Panjang

Bila mengendarai mobil ataupun motor, berhentilah berkendara setelah 2-3 jam. Beristirahat di tempat perhentian sejenak dan keluar dari kendaraan akan membuat tubuh Anda agar tidak kaku dan menghindari terbentuknya rasa pegal dan sakit.

6. Penggunaan korset tulang belakang dan alat support

Anda yang mempunyai keluhan sakit pinggang agar tetap mendapatkan painfree saat berlibur, sebaiknya menggunakan korset tulang belakang atau alat support seperti bantal atau lumbal support saat duduk di kendaraan. Alat support seperti kaus kaki ketat (stoking kompresi) juga dibutuhkan pada pasien dengan gangguan jantung ataupun pada pasien dengan nyeri lutut. Hal ini untuk mencegah penumpukan cairan di tungkai bawah karena sistim limfe yang terganggu atau pada pasien dengan varises atau pelebaran pembuluh.

Korset Pendukung Tulang Belakang

7. Hindari barang bawaan berat selama bepergian

Beban tas atau barang yang dibawa akan mempengaruhi pemakaian otot leher, bahu, dan pinggang. Batasi berat tas tangan hingga 2 kg. Bawalah barang dengan posisi bergantian antara kedua tangan. Tas punggung lebih disarankan dari pada tas selempang.

Dengan menerapkan cara di atas, semoga anda dan keluarga mendapatkan painfree saat berlibur dan menikmatinya dengan lancar dan maksimal.

Selamat berlibur!