sakit-pinggang-apa-perlu-minum-obat-alodokterSakit pinggang dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, saat bergerak, saat bangun dari tidur, bahkan saat bernafas. Banyak orang yang mengalami keluhan sakit pinggang karena kurang berolahraga. Namun banyak juga orang yang mengalami keluhan sakit pinggang setelah ataupun saat berolahraga. Saat usia bertambah, banyak olahragawan yang mengalami rasa sakit seperti tertarik atau tertusuk saat mereka membungkuk untuk mengikat tali sepatu. Jadi, baik berolahraga ataupun tidak, seseorang dapat mengalami keluhan sakit pinggang.

 

Sakit-Pinggang-Bagian-Bawah

Khusus bagi mereka yang melakukan olahraga angkat beban, cedera pinggang sering terjadi pada area lumbar (tulang belakang bagian bawah). Rasa tidak nyaman ini dapat bervariasi dari ringan, berangsur-angsur menjadi kronik, semakin lama semakin sakit dan berkepanjangan. Organ yang terkena mulai dari otot yang ketarik, bantalan sendi/disk cedera dan rusak, hingga penyakit generatif (penuaan). Postur yang buruk, cara mengangkat beban yang tidak tepat, dan cara berolahraga yang tidak tepat selama bertahun-tahun lamanya menjadi penyebab sakit pinggang

Mencegah Sakit Pinggang Setelah Olahraga

webmd_rm_photo_of_couple_doing_sit_upswebmd_rm_photo_of_hamstring_stretchwebmd_rm_photo_of_toe_touch_exercise

Keluhan sakit pinggang sering muncul dari strain otot ataupun ligamen. Untuk mencegah terjadi cedera pada tulang belakang, sangat penting untuk mempunyai otot yang kuat dan dapat menjaga kestabilan tulang belakang. Orang yang pernah mengalami cedera juga bisa mendapatkan keuntungan dari latihan penguatan otot.

Orang dengan sakit pinggang sangat dianjurkan melatih otot yang bekerja saling berlawanan untuk menyeimbangkan kekuatan tulang belakang dan otot inti. Melakukan latihan otot perut (sit up) berulang kali tanpa pengawasan merupakan tindakan yang tidak tepat dan dapat mencederai tulang belakang. Kebanyakan orang melakukan sit up dengan menggunakan otot panggul dan leher sehingga meningkatkan beban disk pada tulang belakang.

Beberapa gerakan olahraga tidak boleh dilakukan oleh pasien dengan penyakit degenerative. Gerakan mengangkat beban yang menyebabkan peningkatan beban pada tulang belakang dapat menyebabkan nyeri tulang belakang meningkat. Olahraga dapat membantu mengurangi keluhan sakit pinggang melalui gerakan penguatan otot punggung, perut, dan otot tungkai. Karena dapat membantu menunjang tulang belakang. Tapi tidak semua gerakan olahraga menguntungkan. Jika nyeri terasa bertambah dan terjadi dalam waktu lebih dari 15 menit, sebaiknya olahraga dihentikan dan melakukan pengecekan ke tenaga medis. Beberapa gerakan dapat mencetuskan rasa sakit, seperti gerakan berdiri lalu menyentuh jari kaki, karena hal ini meningkatkan beban pada disk dan ligamen pada tulang belakang serta membuat tarikan berlebihan pada otot pinggang dan hamstring (paha).

core-activation-exercisesSebelum melakukan olahraga angkat beban yang rutin, ketahui terlebih dulu kondisi kesehatan punggung, pinggang, dan tulang belakang Anda dan batasan saat mengangkat beban.

Seseorang dengan riwayat kesehatan pernah mengalami sakit pinggang sangat disarankan untuk melakukan evaluasi awal melalui dokter keluarga, kiropraktor, dokter umum, atau spesialis tulang belakang.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah cedera tulang belakang :

  1. Gunakan beban ringan atau sedikit, dan lakukan repetisi yang banyak.
  2. Penggunaan mesin saat latihan lebih baik daripada latihan beban tanpa mesin (freeweight) untuk beberapa gerakan olahraga. Mesin dapat mengurangi stres pada tulang belakang dan umumnya dapat digunakan dengan sedikit pengawasan instruktur. Latihan beban tanpa mesin (freeweight) mempunyai keuntungan untuk meningkatkan keseimbangan dan kestabilan tubuh sehingga dapat menjaga postur tubuh.
  3. Latihan beban dan penguatan otot sebetulnya dapat menolong mengurangi sakit pinggang. Tujuan utamanya bukan untuk menghasilkan otot yang besar seperti bodybuilder tetapi untuk menciptakan otot yang kuat.
  4. Otot punggung Anda akan menunjang tulang belakang bergerak normal. Otot punggung yang sehat dan kuat sangat penting karena mempengaruhi postur. Pada beberapa kasus sakit pinggang kronik merupakan hasil dari postur yang buruk.
  5. Lakukan latihan untuk penguatan pada beberapa area otot seperti otot punggung, otot kaki, dan otot di bagian tubuh Anda yang lain. Penguatan tubuh dapat mengurangi sakit pinggang dan membantu Anda melakukan kegiatan sehari-hari dengan bebas nyeri.
  6. Berlatihlah di bawah pengawasan instruktur personal ataupun fisioterapi dengan gerakan yang sederhana, spesifik, dengan beban ringan dan latihan penguatan. Untuk hasil maksimal, gabungkan olahraga beban baik freeweight ataupun dengan mesin, dan latihan penguatan yang menggunakan beban tubuh sebagai tahanan untuk menjaga kesehatan tulang belakang.
  7. Bila rasa sakit timbul lebih dari 15 menit saat berolahraga maka konsultasikan kondisi Anda ke dokter atau tenaga medis (kiropraktor, spesialis tulang belakang).
  8. Lakukan peregangan semaksimal mungkin sebelum melakukan olahraga.