effect of high heels

Menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan untuk sebagian wanita. Delapan dari sepuluh wanita merasa tampil percaya diri dengan menggunakan high heels. Dengan menggunakan sepatu hak tinggi dapat membuat kaki anda terlihat jenjang dan cantik. Tapi tahukah anda ternyata high heels berpengaruh terhadap kesehatan. High heels akan mengakibatkan masalah dalam segala aktivitas sehari-hari. Berikut pengaruh ketika anda sudah sering menggunakan high heels:

effect of high heels1

  1. Otot Tubuh Mengecil

Tubuh wanita yang tidak seimbang yang dihasilkan dari penggunaan sepatu high heels dalam periode yang cukup lama, sehingga akan memicu masalah pada otot-otot tubuh anda. Otot-otot akan mengecil bahkan penelitian menemukan penggunaan sepatu hak tinggi dalam kegiatan sehari-hari akan memperpendek otot kaki anda. Hal ini disebabkan karena sepatu hak tinggi mendorong anda untuk berjalan jinjit. Saat berjalan kaki menjadi tumpuan dari seluruh berat tubuh, dan dengan mengenakan sepatu hak tinggi maka beban yang diberikan kepada kaki menjadi tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan sepatu flat.

  1. Memicu Tubuh Melengkung

Penggunaan high heels yang terlalu sering akan membuat postur tubuh anda berubah, sehingga terjadi perubahan pada bagian tubuh seperti pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar, inilah yang menyebabkan tubuh anda terlihat melengkung selain itu juga akan mempengaruhi cara jalan anda ketika anda melepaskan sepatu hak tinggi di kehidupan sehari-hari. Tubuh yang berubah posturnya akan memicu terjadinya beberapa keluhan seperti sakit pinggang hingga sakit kepala.

  1. Resiko Kaki Keseleo

Untuk anda yang memang sering menggunakan sepatu hak tinggi pada setiap aktivitas anda sebaiknya dibatasi baik dari lama waktu penggunaan atau juga ketinggian. Tidak semua sepatu hak tinggi memberikan kenyaman untuk kegiatan anda, diantaranya ketidaknyaman diakibatkan karena tumpuan hanya pada ujung kaki sehingga membuat anda kesulitan untuk bebas bergerak dan jika dipaksakan beraktivitas ekstra akan menyebabkan keseleo kaki. Tekanan yang tinggi pada permukaan telapak kaki anda sehingga akan memicu metatarsalgia yaitu kondisi sakit yang parah atau kram yang ditimbulkan oleh bagian anterior tulang telapak, biasanya anda akan mengalami nyeri pada bagian tumit dan mata kaki.

  1. Sakit pinggang

Beberapa wanita mengeluhkan munculnya sakit pinggang yang dipicu oleh pemakaian sepatu hak tinggi dan beberapa praktisi klinis menilai bahwa pemakaian sepatu hak tinggi memicu terbentuknya perubahan lekukan tulang belakang (meningkatnya lumbar lordosis). Pemakaian sepatu hak tinggi membuat tubuh bertumpu lebih ke depan dan tubuh merespon dengan menurunnya lordosis / kurva pinggang bawah untuk tetap menjaga tubuh kita di garis yang sejajar.

  1. Bunions

Bunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, kondisi ini seringkali terjadi pada wanita dan disebabkan karena sepatu yang sempit dan berhak tinggi. Bunions menimbulkan rasa luar biasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya bisa diatasi melalui operasi.

  1. Osteoarthritis dan nyeri otot

Pada saat berjalan, lutut bekerja lebih keras. Wanita yang memiliki berat badan berlebih bisa terkena osteoarthritis, yaitu munculnya tulang muda baru atau pengapuran. Tulang rawan pada persendian lutut rusak akibat terlalu sering bergesekan dan menopang beban yang berat.

Tulang belakang juga bakal merasakan dampak penggunaan alas kaki itu. Misalnya tulang belakang akan terasa kaku dan nyeri. Kemungkinan juga dalam jangka waktu lama akan berubah fisiologi/bentuknya sehingga mengalami perkapuran serta nyeri otot pungung hingga saraf terjepit. Jika tulang belakang mengalami perubahan bentuk, yakni pergeseran, maka membahayakan otot dan saraf di dalamnya. Sebab di dalam tulang belakang terdapat saraf, otot, dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini akan menyebabkan bantalan sendi membengkak dan pecah dan dapat menyebabkan saraf tulang belakang terjepit.

Tips Mencegah Dampak Negatif Pemakaian High Heels

  1. Memilih Tingginya sepatu High Heels Mengenakan sepatu dengan hak tinggi lebih dari 5 cm sebaiknya digunakan sesekali, untuk makan malam ataupun acara pernikahan. Sedangkan untuk sehari-hari, pakailah sepatu yang memiliki hak sekitar satu sampai satu setengah inci. Selain itu, sepatu dengan hak berukuran lebar (wedge) juga lebih bersahabat dengan kesehatan dibandingkan dengan sepatu hak tinggi dengan hak runcing yang kurang stabil.

  2. Pijatan Setelah selesai memakai sepatu dengan hak tinggi dari acara spesial, lepaslah sepatu tersebut lalu berikan pijatan pada kaki atau rendam kaki dengan air hangat sekitar 5-10 menit untuk melemaskan otot dan persendian yang kaku.