Dalam Seminar “Chiropractic Untuk Skoliosis”, dr. Tinah Tan berbagi tips baik untuk dewasa dan anak-anak cara untuk mencegah skoliosis.

drtinahseminarscoliosis

Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang, dimana tulang belakang bengkok dan menyebabkan postur tubuh menjadi miring. Seringkali banyak penderita skoliosis tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kelainan tersebut dan baru menyadari ketika derajat kemiringannya semakin besar. Lalu bagaimana sendiri dengan Anda dan keluarga Anda? Untuk mengetahui bagaimana kondisi tulang belakang dapat dilakukan pengecekan tulang belakang (dikenal juga dengan istilah spinal check). Namun setelah mengetahui kondisi tulang belakang sudahkah kita menjaganya dengan baik? Seperti yang diketahui tindakan pencegahan tentunya lebih baik dibandingkan pengobatan, karena itu mulailah melakukan tips sederhana pencegahan skoliosis dari ahli chiropractic, Dr. Tinah Tan:

  1. Bergerak
    Seperti mesin, apabila tubuh jarang digerakkan maka akan terjadi kekakuan maka tubuh perlu diajak bergerak dengan cara melakukan exercise atau berolahraga, yoga, pilates, dan tentunya chiropractic.
  2. Support & Good posture
    Tubuh sudah bergerak, namun apakah itu cukup? Apakah tubuh sudah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang cukup benar? Cek beberapa tips untuk menjaga postur tubuh kita:

  3. Nutrisi
    Tubuh kita bekerja setiap hari dan melakukan aktivitas, tentunya tubuh memerlukan energi. Nah, apakah kita sudah memberikan energi yang baik bagi tubuh? Nutrisi terdengar sepele dan sering dilupakan, namun hal ini sangat penting karena tubuh tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa bekerja dengan optimal, terutama pada anak-anak dalam masa pertumbuhan.