Salah satu cara terbaik untuk dapat hidup sehat dan bugar adalah dengan berolahraga.

tipsabdocycleBanyak pilihan olahraga ringan yang bisa kita lakukan seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, bulutangkis atau tenis. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, biasanya tujuan untuk dapat hidup sehat dapat tercapai. Namun berolahraga hendaknya jangan sampai mendatangkan masalah berupa gangguan kesehatan Berolahraga yang salah dapat mengakibatkan munculnya berbagai keluhan tubuh, seperti cidera, luka (injury), iritasi. Akibatnya bukan mendapat tubuh yang sehat, tapi justru penderitaan yang menyiksa.

Dr. Tinah Tan, chiropractor dari Citylife Sehat membenarkan bahwa jika tidak dilakukan secara benar, berbagai jenis olahraga dapat mengakibatkan masalah pada otot maupun tulang. “Karena itu kita perlu mengetahui teknik melakukan suatu gerakan dengan betul dengan bertanya kepada mereka yang ahli,” tuturnya. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemanasan, peregangan, dan pendinginan saat berolahraga.

Menurut dr.Tinah, olahraga yang melibatkan satu sisi dari tubuh dapat membuat tubuh bekerja berlebih (overuse) pada sisi tubuh tertentu dan mengakibatkan masalah postur tubuh yang tidak simetris (seimbang). Karena itu disarankan mengimbanginya dengan berenang.

Berolahraga berenang harus memperhatikan teknik yang benar sehingga mengurangi resiko cedera, biasakan dulu dengan gerakan ringan di dalam air sehingga tubuh dapat bergerak dengan nyaman. Bahkan bersepeda sekalipun, bila posisinya salah, dapat mengakibatkan keluhan pada leher, pinggang dan lutut. Untuk itu kita perlu bertanya kepada ahlinya untuk mengetahui teknik yang benar serta mengevaluasi gerakan kita.

Untuk memulai berolahraga, dr. Tinah menyarankan, mulailah dengan olahraga yang ringan dan dilakukan secara bertahap. Jenis olahraga yang bagus dan murah adalah berjalan kaki. Namun kita tetap harus memperhatikan masalah pemanasan, pemilihan sepatu yang tepat, serta lamanya waktu melakukannya. Melakukan jalan cepat selama 20-30 menit selama tiga atau empat kali seminggu, cukup mendatangkan banyak manfaat.

Jika kita melakukan berolahraga untuk pertama kali, wajar jika muncul keluhan pegal di sekitar tubuh yang dipakai. Itu artinya massa otot kita sedang berkembang. Jika dalam tiga hari keluhan tidak hilang, maka perlu memeriksakan diri ke dokter.