Q : Bagaimana cara mengatasi sakit kepala dan pegal pegal yang mungkin ditimbulkan setelah diving?

A : Keluhan sakit kepala sehabis menyelam dapat disebabkan karena dehidrasi, perbedaan temperatur, dan peralatan yang tidak nyaman seperti wetsuit, hood dan masker yang terlalu ketat. Penyebab lainnya adalah sinus barotrauma karena masalah equalizing dan penumpukan CO2 karena “Skip Breathe” sehingga menyebabkan sakit kepala yang merupakan salah satu tanda decompresion syndrome.

Dan jika sakit kepala itu disertai leher yang terasa kaku dan pegal pegal di tubuh terutama bagian pinggang, maka ada masalah di tulang belakangnya. Migraine yaitu sakit kepala satu sisi dan tension headache (sakit kepala seperti ada tekanan) dapat disebabkan oleh masalah pada tulang belakang (cervical) dimana syaraf syaraf tulang belakang yang memberikan supply pada organ organ sekitar kepala dan leher mengalami gangguan karena trauma, infeksi, tumor, inflamasi dan kelainan bawaan.

Cara Mengatasi :
Banyak minum air putih dan gunakan obat penahan sakit jika diperlukan. Kemudian lakukan peregangan ringan di sekitar kepala dan leher.Lakukan enam gerakan leher: menunduk – menengadah (flexion – extension), membawa leher sehingga melihat pundak ke arah kanandan kiri (rotasi) dan membawa leher ke arah pundak kanan dan kiri (lateral flexi).

Sumber: Scubadiver AustralAsia Indonesia Magazine 2014