Kesehatan dan kondisi tulang belakang anak sering kali luput dari perhatian orang tua.

news-tulangbelakanganakAnak alergi, sulit konsentrasi dan mengalami gangguan pencernaan, bisa jadi merupakan tanda bahwa kesehatan tulang belakangnya tidak optimal. Chiropractic (chiropraksi) yang ditemukan pada tahun 1895 oleh D. Palmer, fokus pada kesehatan tulang belakang, yang merupakan pelindung saraf tulang belakang.

Lebih jauh mengenai chiropraksi pada anak, Hanida Syafriani dari OTC DIGEST mewawancarai dr. Tinah Tan B.Med, B.App.Sc, B.Chiro.Sc, FICC, wanita chiropractor Indonesia pertama yang pernah mendapat rekor MURI untuk hal ini. Bersama rekannya, ia mendirikan Citylife Chiropractic, Jakarta dan bersama dr. Sukarto, Sp.KP mendirikan sekolah chiropractic pertama di Indonesia. Sejak 2005, dr. Tinah menjabat Wakil Ketua Perhimpunan Chiropraksi Indonesia (PERCHIRINDO).

Dalam chiropraksi, tulang belakang dilihat sebagai mainframe tubuh manusia. Bisa dijelaskan lebih jauh?

Mainframe di sini diartikan sebagai kerangka tubuh, fungsi terbesar tulang belakang adalah menopang tubuh bagian atas dan bawah. Sedikit ilustrasi, cervical pertama yang dikenal dengan nama atlas berperan dalam menopang tulang tengkorak/kepala. Lumbal-sacral dengan tulang panggul, berperan sebagai penahan beban tubuh.

Di tulang belakang terdapat susunan saraf pusat, sebagai lanjutan dari susunan saraf pusat dari otak manusia. Di setiap lubang antara tulang belakang (dinamakan Foramen invetebrae) keluar sepasang saraf kanan dan kiri yang mempunyai fungsi sensorik, motorik, dan otonomik. Saraf ini mengarah ke organ-organ. Kalau aliran saraf ini terganggu, bisa timbul penyakit.

Tulang belakang sebagai mainframe, terlihat dari anatomi (bentuknya), juga secara fungsional. Tulang belakang sangat esensial, karena merupakan milestone; dia tumbuh mengikuti lengkung tubuh. Chiropractor sendiri kalau disederhanakan adalah dokter yang memperhatikan tulang belakang. Jika tulang belakang bagus, anak akan sehat. Kalau saat tumbuh, tulang belakangnya miring dan tidak kita bantu, akan miring terus

Apa saja manfaat chiropraksi untuk anak?

Penanganan chiropraksi yang sifatnya natural (self healing), sehingga menjauhkan anak-anak dari obat. Chiropraksi membantu melihat, apakah tulang belakang seorang anak dapat dibetulkan? Deteksi dini kelainan tulang belakang pada anak, dapat mencegah penyakit atau gangguan di kemudian hari. Manfaat terbesar adalah proses tumbuh kembang, sehingga anak lebih sehat, aktif dan punya rasa percaya diri yang tinggi. Anak yang sehat adalah anak yang aktif, salah satu tujuan pemeriksaan tulang belakang adalah mengoptimalkan kesehatan pada anak. Anak yang sehat aktivitasnya lebih energik. Anak yang kurang aktif, mungkin ada hambatan/gangguan pada tubuh. Bila setelah diperiksa anak tersebut memiliki gangguan pada susunan tulang belakang, perlu ditangani sedini mungkin.

Gangguan tulang belakang apa yang paling banyak terjadi pada anak-anak Indonesia? Umumnya di usia berapa?

Beberapa tahun belakangan ini gangguan yang paling sering terjadi adalah skoliosis dan postur tubuh. Kondisi ini biasanya baru terlihat pada anak usia sekolah. Anak generasi sekarang tidak dibiasakan olahraga, untuk menguatkan tubuh. Ketika tubuh tidak fit diberi beban tas sekolah yang berat. Tugas guru dan orangtua untuk memperhatikan kebutuhan anak. Kita harus mencontohkan berolahraga. Penting memelihara tulang belakang anak, dilihat dari posisi, aktivitas dan perkembangannya. Banyak anak yang merasa minder karena pendek. Mungkin tulang belakangnya bengkok, sehingga dia terlihat pendek.

Adakah ciri-ciri tertentu yang memandakan tulang belakang anak terganggu/ tidak berfungsi optimal?

Ciri-cirinya antara lain, anak sering sakit kepala, mudah terkilir, berkaitan dengan sistem keseimbangan. Bisa muncul gangguan pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Diagnosa seperti anak hiperaktif, autisme dan sebagainya, ternyata sederhana: mereka tidak bisa berkonsentrasi karena tubuh tidak nyaman. Kadang orangtua berpikir, anak tidak mau mendengar nasihat untuk duduk tegak. Mereka mungkin bukannya tidak mau, tapi tidak bisa. Ada pasien anak, saya lihat dia memang tidak bisa duduk tegak. Dia harus duduk membungkuk supaya nyaman. Jangan menghakimi kalau anak malas, mungkin tubuhnya tidak bisa bergerak normal seperti anak lain. Harus diperiksa.

Banyak artikel menyebutkan manfaat chiropraksi untuk alergi. Apa hubungan antara keduanya?

Pada chiropraksi, dikenal adanya subluxation pada tulang belakang (tulang belakang yang bergerak tidak optimal). Subluxation menyebabkan iritasi pada saraf, yang dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh. Lemahnya pertahanan tubuh dapat mempermudah seseorang alergi. Sebaliknya, orang dengan susunan tulang belakang yang baik, sistem pertahanan tubuhnya optium dan dapat mengeliminasi alergen yang masuk ke tubuh.

Pada anak, seperti apa terapi dan pemeriksaan yang dilakukan?

Pemeriksaan dan terapi chiropraksi pada anak, berbeda dengan dewasa karena sifat susunan tulang belakang anak masih fleksibel. Sejak lahir, anak sudah bisa dibawa ke chiropraksi, terutama untuk diperiksa refleksnya. Refleks pada anak cukup kompleks, ada yang dinamai primitive reflex, refleks yang akan hilang sesuai perkembangan anak. Contoh refleks adalah moro reflex; yang harusnya sudah menghilang pada usia 4-5 bulan.

Parachute reflex penting bagi bayi yang baru lahir; refleks ini harus ada. Kalau kita angkat, tangan dan kakinya mengembang seperti orang memakai parasut. Kalau reflex ini tidak ada, berarti anak tidak punya sense of reflex. Parachute reflex hilang di usia 9 bulan. Refleks lain misalnya deep tendon reflex, plantar reflex, position reflex. Bila ada refleks yang tidak normal (berlebih atau kurang), perlu analisa lebih lanjut, dan dilakukan terapi untuk mengembalikan fungsi normal refleks. Pemeriksaan tulang belakang pada anak yang sehat (spinal check) disarankan enam bulan sekali.

Kalau bayi tidak memiliki refleks, kita cari tahu penyebabnya. Mungkin akibat posisinya dalam kandungan. Mungkin, saat dalam kandungan, ibu cidera sehingga posisi bayi tertekan. Ketiga anak saya sudah kenal chiropractic sejak lahir, bahkan sejak dalam kandungan. Saya benar-benar membuktikan bahwa chiropractic bisa untuk wanita hamil dan bayi

Olahraga apa yang dianjurkan untuk menguatkan dan mengoptimalkan tulang belakang anak?

Tentunya olahraga rutin. Jenis olahraga yang dapat mengoptimalkan tulang belajang anak adalah berenang. Yang penting, jelaskan kepada anak, posisi tertentu tidak dianjurkan karena bisa membuatnya sakit.

 

Sumber: OTC DIGEST Edisi 1 Mei 2012