news-childspine

Pengobatan chiropractic mungkin sudah pernah kita dengar atau bahkan akrab di telinga. Pengobatan dengan fokus pada pembenahan tulang belakang sudah 10 tahun hadir di Indonesia.

Chiropractic dapat dilakukan pada anak-anak, dewasa dan orang tua bahkan aman untuk wanita yang sedang haid maupun hamil dan menyusui, karena selalu ada tahapan prosedur sebelum terapi. “Dengan ada pemeriksaan penunjang seperti thermal scan, radiologi, maka hasil yang di dapat dari terapi chiropractic menjadi maksimal.” kata dr. Tinah Tan, chiropractor dari Citylife Chiropractic, di Jakarta.

Memang sepintas kelihatannya sederhana dengan membetulkan tulang belakang maka tubuh berfungsi optimal. Namun modal chiropractor bukan hanya keahlian, melainkan juga ilmu pengetahuan tentang anatomi fisiologi yang mendalam. Karena itu chiropractic berbeda dengan fisioterapi, atau malah terapi ala tradisional. “Ini pengobatan Barat, bukan Timur,” tegas dr. Tinah Tan.

Tulang belakang yang sehat dapat membuat kualitas tubuh meningkat, dan ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendukung kesehatan tulang belakang kita diantaranya dengan:

  1. Check Regular susunan tulang belakang disarankan setahun 2 – 3 kali yang dilakukan oleh dokter chiropractic.
  2. Jaga posisi tubuh dengan benar, diantaranya dengan menjaga posisi punggung dengan tidak bungkuk saat sedang duduk , tidak menaruh dompet yang tebal di saku belakang sehingga menekan saraf sciatica.
  3. Hindari mengkonsumsi alkohol, kafein dalam jumlah yang berlebihan.
  4. Sediakan waktu yang cukup bagi tubuh anda untuk istirahat dan berolahraga.

Pada dasarnya chiropractor tidak memberi obat. Maka agar keluhan tidak kambuh, pasien harus selalu menjalankan petunjuk dari chiropractor.

 

Sumber: Intisari